RPTRA Puspa Indah Panen Sayur-mayur di Tengah Pandemi

RPTRA Puspa Indah Panen Sayur-mayur di Tengah Pandemi

CENGKARENG, Pelitajakarta.com – RPTRA Puspa Indah Kelurahan Cengkareng Timur melakukan giat panen sayur-mayur yang ditanam di area RPTRA. Kegiatan panen sayur-mayur kali ini juga dihadiri oleh Kasi Kesra Kelurahan Cengkareng Timur, Juartini, Kasi Ekbang Kelurahan Cengkareng Timur, Hipni, PKB Kelurahan Cengkareng Timur, Rosmaida Sihotang, PKK Kelurahan Cengkareng Timur, Pengurus RT dan beberapa orang warga sekitar.

Selama masa pandemi covid-19, RPTRA tidak dibuka untuk umum demi meminimalisasi interaksi tatap muka dalam upaya menekan penyebaran virus covid-19. Namun demikian, pengelola RPTRA berkolaborasi dengan PPSU Kelurahan Cengkareng Timur berupaya untuk memaksimalkan fungsi RPTRA dengan menanam lebih banyak sayur-mayur dalam upaya mendukung Program Ketahahan Pangan.

“Alhamdulillah, setelah sebelumnya panen di RPTRA Cengkareng Timur berseri, hari ini kita kembali melakukan panen sayur-mayur di RPTRA Puspa Indah. Hari ini kita fokus panen Kangkung, kemarin kita juga panen Timbul dan Cabai Rawit. Ada Caisim dan Bayam juga tapi baru bisa kita panen beberapa hari ke depan.” Ujar Lurah Kelurahan Cengkareng Timur, Ardih Muhur dalam kesempatan berbeda.

Baca Juga:  Edarkan Pil PCC, Pemuda Tanggung Dibekuk Polisi

Selain sayur-mayur, RPTRA Cengkareng Timur Berseri juga menanam beragam jenis tanaman hias dan juga tanaman toga seperti, Jahe Merah, Kunyit, Kencur, Temulawak, Daun Suji, Sirih Hijau, Lidah Buaya, Kumis Kucing, Kelor, Patah Tulang dll.

RPTRA Puspa Indah Panen Sayur-mayur di Tengah Pandemi“Alhamdulillah, panen Kangkung kali ini cukup banyak ya, ada sekitar kurang lebih 30 Kg. Ini adalah bentuk implementasi kami RPTRA dan PKK dalam mewujudkan Program Ketahanan Pangan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada PPSU yang sudah berkolaborasi dengan Pengelola RPTRA dalam prosesnya hingga kita berhasil panen sayur-mayur di tengah pandemi covid-19.” Imbuh Kasi Kesra Kelurahan Cengkareng Timur, Juartini.

Selain untuk konsumsi internal, Kangkung hasil panen juga dijual pada warga sekitar. Mereka yang mengetahui adanya tanaman sayur-mayur di RPTRA, jauh hari sebelumnya sudah memesan kepada Pengelola RPTRA. Beberapa warga bahkan ikut serta dalam proses panen dan mengaku senang bisa memanen Kangkung khususnya di Ibukota Jakarta.

Baca Juga:  Polisi Ciduk Oknum Wartawan yang Peras PNS

“Senang ya, di Jakarta ternyata kita juga bisa panen Kangkung. Soalnya kan tidak pernah berkebun, jadi pas panen ketagihan rasanya. Kangkungnya juga bagus dan segar-segar.” Ujar salah satu warga yang meminta untuk diinformasikan kembali bilamana RPTRA  Puspa Indah panen sayur-mayur lagi di waktu mendatang. (rls)